Pembagian Kursi DPR RI Dan DPRD Daerah Pemilihan Provinsi Jawa Barat

May122013
logo pemilu 2014 | trinidad budiman wapblog

Setelah postingan sebelumnya menjelaskan tentang Pembagian Kursi DPR RI Dan DPRD Pemilu 2014 Seluruh Indonesia maka pada kali ini akan mengkhususkan pada daerah asal saya Jawa Barat

Jawa Barat bersama Banten sebagai penyangga ibu Kota Jakarta memang merupakan tempat tinggal bagi kebanyakan warga yang bekerja di DKI oleh karena itu jumlah penduduk di Jawa Barat paling banyak diantara provinsi lainnya sehingga mendapat jatah kursi DPR RI paling banyak juga. Hampir 40 juta jiwa terdaptar menjadi pemilih di Jawa Barat atau mencapai 16% dari total jumlah pemilih di seluruh Indonesia

Sebagai data berikut adalah perbandingan pemilih provinsi Jawa Barat dengan Keseluruhan Indonesia Jumlah Pemilih : 39.910.274 suara
Persentase : 15,7%
Jumlah Kursi : 91
Persentase : 16,25%
Dapil : 11
Persentase : 14,28%

Apabila dihitung kasar dari hampir 40 juta suara tersebut setiap caleg yang ingin berhasil mendapatkan kursi di Senayan minimal harus mendapat sekitar 438 ribu suara, dahsyat kan biggrin akan tetapi setiap daerah pemilihan berbeda beda sesuai kuota wilayah berbanding jumlah penduduknya

Berikut adalah 11 daerah pemilihan beserta jumlah penduduk dan jatah kursi untuk DPR RI provinsi Jawa Barat

DAPIL JABAR I

Jumlah Kursi : 7
Rasio Kursi : 389.812
Wilayah :
a. Kota Bandung (2.182.661)
b. Kota Cimahi (546.018)

DAPIL JABAR II

Jumlah Kursi : 10
Rasio Kursi : 415.278
Wilayah :
a. Bandung (3.064.366)
b. Bandung Barat (1.448.208)

DAPIL JABAR III

Jumlah Kursi : 9
Rasio Kursi : 323.219
Wilayah :
a. Cianjur (2.106.117)
b. Kota Bogor (802.862)

DAPIL JABAR IV

Jumlah Kursi : 6
Rasio Kursi : 365.470
Wilayah :
a. Sukabumi (1.875.848)
b. Kota Sukabumi (316.971)

DAPIL JABAR V

Jumlah Kursi : 9
Rasio Kursi : 387.358
Wilayah :
a. Bogor (3.489.223)

DAPIL JABAR VI

Jumlah Kursi : 6
Rasio Kursi : 615.250
Wilayah :
a. Kota Bekasi (2.102.918)
b. Kota Depok (1.588.582)

DAPIL JABAR VII

Jumlah Kursi : 10
Rasio Kursi : 518.225
Wilayah :
a. Purwakarta (857.023)
b. Karawang (1.948.015)
c. Bekasi (2.377.209)

DAPIL JABAR VIII

Jumlah Kursi : 9
Rasio Kursi : 483.969
Wilayah :
a. Cirebon (2.167.784)
b. Indramayu (1.868.579)
c. Kota Cirebon (319.353)

DAPIL JABAR IX

Jumlah Kursi : 8
Rasio Kursi : 479.640
Wilayah :
a. Majalengka (1.215.473)
b. Sumedang (1.037.795)
c. Subang (1.583.848)

DAPIL JABAR X

Jumlah Kursi : 7
Rasio Kursi : 392.783
Wilayah :
a. Ciamis (1.436.989)
b. Kuningan (1.129.223)
c. Kota Banjar (183.267)

DAPIL JABAR XI

Jumlah Kursi : 10
Rasio Kursi : 426.195
Wilayah :
a. Garut (2.194.873)
b. Tasikmalaya (1.425.816)
c. Kota Tasikmalaya (641.253)

Untuk DRPD Jawa Barat telah ditetapkan 100 kursi dan untuk pemilihannya dibagi kedalam 12 dapil berbeda dengan dapil DPR yang hanya 11 Dapil, perbedaan terletak di kabupaten Bekasi yang menjadi dapil mandiri tidak bergabung dengan Karawang dan Purwakarta seperti untuk pemilihan DPR RI

Berikut adalah pembagian daerah pemilihan sesuai yang tertuang dari KPU

DAPIL JABAR I

Jumlah Kursi : 7
Rasio Kursi : 389.812
Wilayah :
a. Kota Bandung (2.182.661)
b. Kota Cimahi (546.018)

DAPIL JABAR II

Jumlah Kursi : 11
Rasio Kursi : 410.234
Wilayah :
a. Bandung (3.064.366)
b. Bandung Barat (1.448.208)

DAPIL JABAR III

Jumlah Kursi : 7
Rasio Kursi : 415.568
Wilayah :
a. Cianjur (2.106.117)
b. Kota Bogor (802.862)

DAPIL JABAR IV

Jumlah Kursi : 5
Rasio Kursi : 438.564
Wilayah :
a. Sukabumi (1.875.848)
b. Kota Sukabumi (316.971)

DAPIL JABAR V

Jumlah Kursi : 9
Rasio Kursi : 387.358
Wilayah :
a. Bogor (3.489.223)

DAPIL JABAR VI

Jumlah Kursi : 9
Rasio Kursi : 409.056
Wilayah :
a. Kota Bekasi (2.102.918)
b. Kota Depok (1.588.582)

DAPIL JABAR VII

Jumlah Kursi : 6
Rasio Kursi : 396202
Wilayah :
a. Bekasi (2.377.209)

DAPIL JABAR VIII

Jumlah Kursi : 7
Rasio Kursi : 400.720
Wilayah :
a. Purwakarta (857.023)
b. Karawang (1.948.015)

DAPIL JABAR IX

Jumlah Kursi : 10
Rasio Kursi : 383.712
Wilayah :
a. Majalengka (1.215.473)
b. Sumedang (1.037.795)
c. Subang (1.583.848)

DAPIL JABAR X

Jumlah Kursi : 11
Rasio Kursi : 397.975
Wilayah :
a. Cirebon (2.167.784)
b. Indramayu (1.868.579)
c. Kota Cirebon (319.353)

DAPIL JABAR XI

Jumlah Kursi : 7
Rasio Kursi : 392.783
Wilayah :
a. Ciamis (1.436.989)
b. Kuningan (1.129.223)
c. Kota Banjar (183.267)

DAPIL JABAR XII

Jumlah Kursi : 11
Rasio Kursi : 387.450
Wilayah :
a. Garut (2.194.873)
b. Tasikmalaya (1.425.816)
c. Kota Tasikmalaya (641.253)

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

21 tanggapan untuk "Pembagian Kursi DPR RI Dan DPRD Daerah Pemilihan Provinsi Jawa Barat"

ALFARIZI BLOG pada 12:29 PM, 12-May-13

Pembagian Kursi DPR RI Dan DPRD Daerah Pemilihan Provinsi Jawa Barat
Nice post Kawan...

KAGE NARUSENSEI pada 12:38 PM, 12-May-13

SALAM BIRU OM...!!!

Dont Touch Me pada 12:40 PM, 12-May-13

mau nyaleg ato ape pak? Hehe

Dont Touch Me pada 12:40 PM, 12-May-13

mau nyaleg ato ape pak? Hehe

elbeha pada 12:48 PM, 12-May-13

jateng hadir aja sob hehe, bntar lg jateng mau pilgub lo

Abdi Cool pada 12:52 PM, 12-May-13

ikutan nyaleg gak nih kang biggrin ?..

Abdi Cool pada 12:54 PM, 12-May-13

ikutan nyaleg gak nih kang biggrin ?..

ariiq pada 01:09 PM, 12-May-13

rakyat.a banyak jg ya kangbiggrin yiap calek msti 438rbu wkwkk beli dmna tu

http://ariebelle.mywapblog.com/mckinley-w8-launcher-v1-0-0-s60v5-s3-ann.xhtml

dedemyself pada 01:51 PM, 12-May-13

lg di baca sob post nya

Tumenggung 666 pada 02:18 PM, 12-May-13

rakyat tlnjr antipati dgn yang namanya wakil rakyat,

Fadhil LPST pada 02:39 PM, 12-May-13

ane blm cukup umur jadi ngeliatin aja..

http://dhilzlp.heck.in/font-veggie-burger-v8-3m-mod-boedi-by-ih.xhtml

Nietha Angel Tifany pada 03:48 PM, 12-May-13

ahh aku ga mikirin politik..
ujung"nya korupsi..

The Kancut Kidz pada 04:15 PM, 12-May-13

Support pemilu ni
♏uuªªªªn†ªªªªª

Filauhim Mahfudz pada 04:42 PM, 12-May-13

makasih infonya.. ane org jateng, jdi nyimak aja dah, hehe

ditunggu kunbalnya

Nur Syahlan Haa pada 06:12 PM, 12-May-13

salam orang jabar...! smile

Trasher pada 06:56 PM, 12-May-13

Nice artikel sahabat
tetap semangat untuk terus berkarya smile

Antony Stark pada 07:39 PM, 12-May-13

Jatim hadir sob, nice info,
mampir ya

ipuy thea pada 09:11 PM, 12-May-13

detil banget sob infonya..

Anonymous Blog pada 09:49 PM, 12-May-13

Ane jateng sob. Tapi pusing juga mikir2 masalah kayak ginian.biggrin


http://bakhtyar93.heck.in/bisnis-online-tanpa-modal-no-scam.xhtml

Jamaique Zack Gimbal pada 10:42 PM, 12-May-13

sy juga Pengen dapat jatah kursi smile

Kang Angga pada 05:14 AM, 13-May-13

teu ngerti politik kang ah

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas